Apa Itu GRC ? Ulas Lengkap!

Pembangunan dan konstruksi memang senantiasa mengalami perubahan. Berkat kemajuan teknologi, dunia konstruksi akan terus melahirkan material penunjang bangunan yang efektif dan efisien. Salah satu temuan baru di dunia konstruksi yaitu material GRC.

Apa yang dimaksud material GRC? apa fungsinya? bagaimana cara penggunaannya? mari kita ulas satu persatu.

Apa itu GRC?

www.pinhome.id


GRC merupakan singkatan dari Glass Reinforced Concrete yaitu campuran dari beton dan serat kaca. dalam pembuatannya akan dicampur dengan semen seperti beton dan lainnya. Dibandingkan dengan beton, GRC mempunyai daya tahan yang tidak kalah, dengan pemanfaatan yang mudah diaplikasikan sesui keinginan.

Keunggulan GRC

Keunggulan utama dari GRC dibandingkan dengan beton adalah bobotnya yang lebih ringan. Sehingga pemasangan dan daya tahannya juga tidak diragukan.

Material GRC juga tidak mudah terbakar ataupun meledak sehingga dianggap sesuai untuk bangunan aman bencana.

Fungsi Dalam Interior dan Eksterior

GRC tidak cocok digunakan sebagai elemen struktural dalam sebuah bangunan, misalnya sebagai bahan atap, dinding penahan atau bagian yang harus menahan beban berat. Namun, GRC mampu bertahan saat digunakan untuk fungsi lain seperti penahan eksterior, panel dinding, permukaan solid dan furniture interior seperti bak mandi, wastafel ataupun furniture biasa.

GRC bisa digunakan untuk rumah atau hunian pribadi, termasuk juga untuk bangunan umum seperti gedung untuk kebutuhan komersial, taman dan sejenisnya.


Posting Komentar untuk "Apa Itu GRC ? Ulas Lengkap!"