MENENTUKAN ARAH KIBLAT MASJID DI PASURUHAN - Bersama Pengurus dan Alfirdaus Kontraktor Indonesia

 Seni Menentukan Arah Kiblat


"Mengetahui arah kiblat sangat penting bagi umat Islam. Sebab, menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sah sholat. Ka'bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Menjadi Acuan arah ketika umat melakukan ibadah sholat." dikutip dari website BPKH

Ketika sebuah masjid dapat dengan mudah ditemukan di negara asal masing-masing, mungkin arah kiblat tidak menjadi masalah bagi Muslim karena petunjuk kiblat sudah diidentifikasi di dalam masjid. Namun, Jika tengah berada di alam bebas, dalam perjalanan atau tempat dimana tidak ada petunjuk arah kiblat, sulit untuk mengetahui arah kiblat yang tepat.

Dalam kondisi demikian, mengetahui bagaimana mencari kiblat akan menjadi keterampilan yang bermanfaat. Pengamatan yang tepat, serta kemampuan luar biasa mendapatkan solusi baru untuk menemukan kiblat, mungkin yang embuat ilmuan Muslim menonjol di Abad Pertengahan. Tidak mengejutkan bagi mereka untuk menentukan kiblat ketika memulai perjalanan yang sulit. 

Instrumen populer yang digunakan untuk menentukan kiblat disebut Astrolabe. Awalnya Astrolabe digunakan oleh astronom, navigator, dan astrolog pada era klasik. Pada era islam abad pertengahan, Astrolab terutama digunakan untuk mempelajari astronomi, navigasi, survei, penentu waktu sholat, dan menentukan arah kiblat. 

Pada abad ke-13 Masehi, pengenalan kompas ke dunia Islam merevolusi seluruh proses pencarian kiblat. Seiring kemajuan. lebih lanjut, kompas digunakan bersama dengan indikator kiblat lainnya seperti jam matahari dan indikator kiblat Persia, yang semuanya cukup terkenal selama abad ke-18. Pada akhir abad ke-20, alat berbasis kompas dibuat untuk membantu umat islam menemukan kiblat dengan cepat.

Kompas inilah yang digunakan sebagai alat penetapan arah kiblat masjid di Pasuruhan Jawa Timur. yang setelahnya pembangunan masjid akan dikerjakan oleh Alfirdaus Kontraktor.

 



Informasi ini disampaikan oleh:


Bagi Anda yang memerlukan informasi pembangunan Kubah, Menara, Kaligrafi maupaun ornamen GRC bisa menghubungi kami di:

Identitas Perusahaan

Nama Perusahaan

ALFIRDAUS KONTRAKTOR

Alamat

KABUPATEN KUDUS, JAWA TENGAH, INDONESIA

No. Telp.

0819-3656-1008

Email

alfirdauskontraktor@gmail.com

Website

www.alfirdauskontraktor.com

Instagram

Alfirdaus Kontraktor Masjid

Facebook

Alfirdaus Kontraktor Masjid


Posting Komentar untuk "MENENTUKAN ARAH KIBLAT MASJID DI PASURUHAN - Bersama Pengurus dan Alfirdaus Kontraktor Indonesia"